Selasa, 15 Desember 2015

Bahaya Mengkonsumsi Alkohol

Bahaya mengkonsumsi alkohol ,- Alkohol adalah zat penekan susunan saraf pusat meskipun dalam jumlah kecil mungkin mempunyai efek stimulasi ringan. Bahan psikoaktif yang terdapat dalam alkohol adalah etil alkohol yang diperoleh dari proses fermentasi madu, gula, sari buah, atau umbi-umbian.

Berikut bahaya mengkonsumsi alkohol :

Gangguan Organ Tubuh
Organ tubuh manusia yang lebih dapat mengalami gangguan ketika sering mengkonsumsi minuman  beralkohol dan  dalam jumlah banyak adalah lambung. Akibatnya lambung akan mengalami peradangan yang disebabkan pada saat lambung mengeluarkan secara paksa semua racun atau zat aditif dalam tubuh, sehingga para peminum alkohol akan mengalami rasa mual dan muntah.

Adapula organ lainnya seperti kerja jantung yang tidak dapat berjalan dengan baik dan terjadi peradangan pada organ hati.

Merusak Sel Saraf dan Memori Otak
Minum minuman beralkohol dapat pula merusak sel saraf dan memori pada otak, sehingga tidak bekerja dengan maksimal. Ini dapat dilihat dari peminum yang sering berbicara sendiri dan saat ditanya akan ngelantur jawabannya atau tidak sesuai dengan pertanyaannya. Selain itu, peminum berat atau sudah lama mengkonsumsi minuman beralkohol meskipun disuntikkan obat bius atau penghilang rasa sakit saat akan menjalankan operasi masih dapat merasakan rasa sakit karena tubuh dan sel saraf kebal terhadap obat bius tersebut.

Minuman beralkohol juga dapat menyebabkan pembengkakan pada jaringan otak, sehingga menyebabkan gangguan koordinasi pada otak.

Gangguan Mental
Pernahkah melihat seseorang yang sempoyongan dan tidak sadarkan diri saat meminum minuman beralkohol? Nah, inilah salah satu gangguan mental pada peminum minuman beralkohol. Selain itu, dapat mengakibatkan beberapa macam gangguan lainnya seperti mudah emosi dan tersinggung, susah berkonsentrasi, wajah merah, mata juling dan susah untuk berkonsentrasi. Banyak kasus yang membuktikan dimana para pencuri, perampok dan preman kebanyakan minum minuman beralkohol atau miras sebelum melakukan aksinya. Hal ini dikarenakan setelah minum, mereka akan merasa lebih leluasa dan bertambah keberaniannya untuk melakukan kejahatan. Oleh karena itu, hindarilah minuman beralkohol yang hanya merugikan diri sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar